11/20/2015

KUAKAP.COM - Pengertian Arti Literatur ( Definisi ) - Apakah anda tahu mengenai  pengertian literatur? Literatur yaitu bahan bacaan atau dasar yang bisa dijadikan rujukan dalam seuah penulisan karya ilmiah. Pada umumnya literatur berasal dari buku, ataupun jurnal ilmiah, sehingga sahih digunakan sebagai sumber referensi.

Sedangkan dalam bahasa inggris, literatur berasal dari kata literature yang berarti kesusastraan atau karya sastra, baik dalam bentuk novel, drama, atau puisi. Literatur tidak melulu berupa tulisan, dapat juga berbentuk non buku seperti rekaman, piringan hitam, laser desk, film, kaset, dan lain sebagainya yang bisa memberikan informasi.
Pengertian Arti Literatur ( Definisi )

Sedangkan pengertian literatur menurut para ahli yaitu bahan bacaan yang dapat digunakan dalam berbagai aktifitas, baik secara intelektual maupun rekreasi (ALA Glosary of Library and information Science (1983)) literatur sendiri dapat digolongkan menjadi literatur primer dan literatur sekunder, dan tersier.

Dimana tingkat ketajaman analisis setiap literatur berbeda. Literatur primer yaitu karya tulis asli yang memuat sebuah teori atau sebuah gagasan dalam berbagai bidang, misalnya laporan penelitian, paten, disertasi, makalah seminar dan lain-lain.

Sedangkan literatur sekunder yaitu yaitu literatur yang meringkas, atau mengindeks literatur primer, jadi tidak berisi literatur baru. Pada literatur tersier memuat petunjuk untuk mendapatkan literatur sekunder, misalnya blibliografi direktori.

Studi pustaka atau yang dikenal dengan literatur review merupakan uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang digunakan sebagai dasar landasan kegiatan penelitian dalam menyusun kerangka pemikiran dari rumusan masalah.

Sumber lain mengatakan jika  pengertian literatur review mencakup analisa berupa kritik baik yang membangun maupun yang menjatuhkan dari penelitian yang sedang dilakukan kepada topik khusus.

Isi dari literatur review meliputi rangkuman, ulasan, dan pemikiran penulis yang berasal dari sumber pustaka semisal slide, artikel, informasi dari internet. Literatur review yang baik bersifat relevan dan yang paling mutakhir.

Hal ini berguna untuk mendukung topik yang dibahas dalam penelitian tersebut. Selain itu juga membantu dalam melakukan pembatasan masalah. Itulah pengertian dari literatur dan literatur review yang bisa anda ketahui.

Data Referensi ; Wikipedia
Contoh ilustrasi Foto Gambar Gratis / Free Dari www.pixabay.com
Lihat Terlebih Dahulu
Mungkin itulah Materi Belajar Tentang Asal Usul Istilah Istilah Umum, Kiranya Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat, terimakasih Baca Postingan sebelumnya yaitu inilah (ARTI) Makna Manfaat Bahagia Sebenarnya
Posted by : PBKuta Rating 5 Star Published : 2015-11-20T10:27:00+07:00
 
Blogger Designed by dsas